Monday 20 July 2009

sebuah memori tentang INSAN CENDEKIA

terinspirasi dari sebuah notes tentang INSAN CENDEKIA dari slah seorang teman..




dari awal saya mengenal sekolah ini -- ketika saya ikut lomba SONIC -- saya langsung JATUH CINTA.. ya.. betapa tidak. lingkungan yang islami, warga2 yang ramah (seluruhnya. dari security man yang menyambut di gerbang, bapak kantin, sampe pucuk pimpinan sekolah -- eh madrasah), kualitas yang subhanallah.luar biasa. ketika saya tes masuk di IC. kesan baik semakin mendorong semangat saya supaya bisa masuk sekolah ini. (udah ah, nyebutnya sekolah aja.heheh). mau tau kesan apa? DISIPLLIN. ya. segala tetek bengek hal-hal krucil-krucil mengenail tes PSB berlangsung tepat waktu. adalagi. JUJUR. dn KOMPETITIF. ya,, walaupun saya hanya mampu mngerjakan 10 soal dari 40 soal matematika saat tes PSB, saya tetep jujur lhoo... karena lingkungannya memang di set demikian. (bukan emang dasarnya saya jujur.heheh) ketika saya masuk IC, pelajaran saya tentang kehidupan pun bertambah : PERJUANGAN, KESEDERHANAAN, PERSAHABATAN, UKHUWAH.. itu yang secara pribadi saya dapatkan. di luar tag line MOS daripara tatib : KEJUJURAN, KEDISIPLINAN, KESEDERHANAAN, dan ... (lupa ada satu lagi. mungki ad yg masih inget..) kemudian detik -detik berlalu menyusun menit demi menit, membangun jam demi jam, lalu merangkai hari-hari, minggu, bulan, tahun, dan 3 tahun sudah saya menempuh kehidupan di sana. saya sampe bingung harus menjawab apa, kalau ada yang bertanya. pelajaran apa saja yang saya dpat di INSAN CENDEKIA..??
MUCH.
.

so much than
.... matematika yang sering remedial, mafikibi yang bagaikan pelajran mengerikan, hafalan akidah akhlaq dari pa away yang superbanyak, intensif yang bikin ngantuk, muhadharah yang kadang bikin bingung, ritual shlat di mesjid yang banyak oknum nakal nya, izin reguler yang cuma sebentar, izin khusus yang dipersulit, cita-cita yang ga kesampaian (ini mah gue curhat), many more..

also so much fun than
....

pertandingan klub bola tiap ahad pagi, pertandingan basket, tanding antar kelas, lomba2 di GSG, gakic, acara mules tiap minggu pagi, sewa film dari anak senbud (itu mah gue juga..), bersih2 mesjid, BSDA, bersih2 kamar, main seenaknya ke kamar temen, nggosip, cerita, makan, nonton di laptop diem2, lari2 keliling asrama demi baju wisuda (itu mah astri bangedd), what else..??


lebih dari itu semua...


INSAN CENDEKIA menanamkan nilai islami yang luar biasa, persaudaraan, pebelajaran ttg kepercayaan, persahabtan, bgaimana cara bersosialisasi, berjuang mendapatkan nilai (dulu mungkin nlai oriented) supaya ga remed, berjuang supaya proker OSIS bisa sukses..
tidak... bahkan jauh jauh jauuuuhhh lebiiihhhh banyaaaakkkk dari itu semuaaaa... keprcyaan diri, penerimaan diri sendiri, integritas, keikhlasan, ketauhidan, akidah, akhlaqul karimah.. fabi ayyi alaa irobbikumaa tukadzdzibaan... maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan kau dustakan... uncountable apa yang kita dpaat dari INSAN CENDEKIA.. tapi,, tanpa kita sadari.. sekolah ini tidak bermkasud sedikiit pun membentuk kita jadi manusia yang NILAI ORIENTED,, GA-REMEDIAL ORIENTED,, ANAK TIM OLIMPIADE - ORIENTED.. sekolah ini juga ga pernah ngasih cap di dahi buat ngebdain anak yang PERNAH NYUMBANG PIALA / PIAGAM dan BELUM NYUMBANG PIALA / PIAGAM ke gedung adm.
but...

Allah, melalui kemampuan orangtua dan keluarga kita,,melalui asah asih asuh guru2 kita di IC, dan melalui sistem pendidikan holistik nya IC.. ingin mengajarkan kita sesuatu :
LOVE THE WAY YOU STRUGGLE FOR,, NOT ONLY THE RESULTS.. ya.. PERJUANGAN, PROSES, DOA, KEPASRAHAN, OPTIMISME, dan mungkin agak lebay (darah dan air mata.. ceileehh) dan itu semua adalah NILAI KEHIDUPAN yang hanya seuprit orang beruntung saja yang bisa mengambil hikmah dari kehidupannya,, bahwa nilai kehidupan kita tidak ditentukan oleh hal-hal yang COUNTABLE seperti jabatan, deposito, mobil, tanah, rumah, saham, anak, gelar..(cobaa,, semua bisa diitung kan, satu..dua..tiga..) tapi justru ditentukan oleh kualitas hal-hal yang bersifat UNCOUNTABLE (bahasanya pak kastolan dan bu sofi mungkin tak hingga).. ya,, seperti KEJUJURAN, KEBIJAKSANAAN (tizar jangan ge er.hehe), OPTIMISME, KE-PD-AN, PERJUANGAN, KEIKHLASAN, INTEGRITAS, AMANAH, TANGGUNG JAWAB dsb... ( coba.. ad yang bisa ngitung jumlah kejujuran...?? pake apa..?? dikiloin..??) ya.. nilai itu,, yang INSAN CENDEKIA ajarkan, tanamkan, biasakan dalam kehidupan kita.. ada di ALQURAN dan SUNAH RASUL... ujian itu pasti ada. tapi hasilnya, tergantung bagaimana kita melaluinya (see, dalam hal nilai ujian mungkin termasuk mempersiapkannya, mengerjakannya, dst..).. hidup itu seperti track lomba lari rintangan (tau kan,, lomba lari yang ada palang melintang. trus kita harus ngelompatin itu).. ya.. ibaratnya...palang itu adalah rintangan, ujian. klo kita berlari dengan kencang, efisen menggunakan energi, maka lompatannya akan jauh dan tinggi,, sehingga kita ga jatuh.. tapi kalo kita udah takut duluan, kepikran mcm2, akibatnya larinya ga konsen, eh pas lompat malah ragu2... jatuh dehh... dan,, siapapun yang ikut lomba, pasti melalui rintangan itu. pemenangnya ya.. yang hasilnya paling baik. sama aja kayak khidupan.. semua orang,, pasti akan dapet ujian,, dan tinggal bgaimna kita menghadapinya..dan yang menang,, yang bisa MELALUI nya dengan baik dan benar... well,, ini adalah hanya sebuah testimoni. implikasi kerinduan yang mendalam terhadap INSAN CENDEKIA.. karena jujur, tempat paling tentram di dunia ini, setelah rumah adalah tempat yang ketika saya menginjakkan khidupan saya pertama kali saya menangis, dan ketika meninggalknannya,, saya menangis juga (dasar cengeng aja guee..) .. INSAN CENDEKIA.. so,, IC udah kasih banyak ke kita.. klo kita adalah anak yang berbakti dan tahu balas budi,, sepantasnya lah kita memberikan seuatu yang bermanfaat untuk IC.. sekecil apapun. meski hanya sepatah doa di sepertiga malam terakhir. jangan liat kebobrokan IC yang sekarang dan kita hanya bisa memaki, mengumpat di belakang. PENGECUT. klo emang kita adalah manusia berhati nurani, semestinya kita coba perbaiki dengan daya upaya kita,potensi yang kita miliki. tidak harus meanunggu ajakan, atau organisasi manapun untuk bergerak. tapi kita harus TAKE ACTION untuk sebuah perubaahan. karena ONE ACTION SPEAKS MORE THAN THOUSANDS WORDS.. apapun itu. supaya INSAN CENDEKIA kembali berjaya.. bismillahirrahmanirrahim..
semoga niat dan cita-cita luhur the founding father bisa tercapai..amin.


INSAN CENDEKIA BERJAYA...
MEMBENTUK SISWA SISWI BERPRESTASI
IMAN YANG KUAT...
....
....
(mars IC.. duuhh,, maaf... ko lupa ya..)

ps. saya males nge -tag - in satu per satu.. klo temen2 merasa ini perlu di publikasikan,, monggoo.. di media mana pun,, masuk koran KOMPAS ngalahin berita ritz carlton juga boleehh.. hehe.

1 comment:

  1. Assalamualaikum..
    sya nadiyya..
    skrg sya kelas 3 smp.. dan insya allah rencanany sya ingin melanjutkan ke MAN Insan Cendekia semoga sja sya lulus tesnya..

    Bagi pra alumni IC boleh berbagi tentang IC gak??
    klo mau kirik email aj ke nadiyya@rocketmail.com
    makasih

    ReplyDelete