Sunday, 18 December 2011

road to graduation day



SYUKURAN WISUDA SITH, 28 Oktober 2011

ini adalah agenda rutin SITH, dan semua fakultas di ITB untuk mengadakan syukuran atas keberhasilan mahasiswanya menempuh pendidikan. ehm, overall menyenangkan karena kami saling memperkenalkan orang tua masing-masing kepada dosen dan teman-teman kami.. Kami menemukan keluarga yang bertambah besar di sini.. Kami adalah keluarga besar SITH..
inilah kami..
saya, Bu Dea (Kaprodi mikrobiologi yg kami banggakan), Hawa
Geng Mikroakuatik

foto dengan mamih (Bu Pingkan) she is inspiring !

GRADUATION DAY ..
this is me !
29 Oktober 2011. Hari yang bersejarah bagi saya dan keluarga saya, karena dapat mempersembahkan kelulusan ini untuk mama papa.. malaikat yang selalu melebarkan sayapnya untuk memberi saya surga sekaligus membisikkan saya mengenai makna kehidupan..
Ferdy, Bu Anis (mama protokoler), dan saya

Pembukaan sidang,
Lagu Indonesia raya, mengheningkan cipta
Janji lulusan ITB
Pidato rektor,, saat ini, nama saya dan astri disebut sebagai mahasiswa berprestasi karena telah membawa karya TA ke LIYSF.
Pengumuman wisudawan spesil oleh wakil rector bidang akademik.
Pemanggilan wisudawan… “Yosi Ayu Aulia”
Maka saya yakinkan bahwa saya mengenakan kebaya terbaik, mempersembahkan senyuman terbaik, dan berjalan anggun dengan hati-hati.. Saya bersalaman dengan Pak Akhmaloka, Bu Pingkan, Bu Dea, kemudian turun podium.. saya resmi menjadi sarjana,, saya telah dilepaskan ITB untuk siap berkarya nyata bagi bangsa.. Saya bukan lagi iron stock, melainkan besi yang sudah tretempa dan siap membangun bangsa..
Saya berjalan ke arah belakang podium untuk mnegambil ijazah.. dan saat itulah hal yang mengharukan terjadi..
*epilog, sebelumnya saya melihat salah seorang guru besar turun dari podium dan berjalan ke belakang. mungkin ke toilet, pikir saya. Ah, tapi nanti beliau tak melihat saya dipanggil ke depan..
Namun ketika saya berjalan menuju tempat pengambilan ijazah, beliau telah ada di sana menyambut saya dengan senyum lebar dan tangan terbuka..
“Yosii… selamat yaa..” Ah, hampir air mata saya jatuh.. kami bersalaman dan saya tidak melewatkan kesempatan itu. Saya genggam tangannya erat, berharap semoga rasa syukur, merasa terhormat, dan terima kasih yang begitu besar dapat langsung tersalurkan.
“Om, terima kasih ya.. terima kasih untuk bimbingan dan perhatiannya selama ini.. terima kasih Om.. Tanpa perhatian om, mungkin kami (anak-anak IC) tidak akan di sini..” Suara saya parau, menahan haru.
“Yosi, kamu hebat, selamat yaa..”
“Saya yang berterima kasih … terima kasih, Om..”
“Yosi…” Beliau memgang pundak saya ternsenyum lebar penuh kebanggaan. Sesaat, waktu itu hanya milik kami hingga beliau memecah keheningan, “Dida mana ?”
“Dida belum om, dia nim akhir..”
Dan ketika dida keluar, kami foto bersama di belakang panggung…
Kalau boleh jujur, inilah puncak pertama kebahagiaan saya di hari itu..
mengambil ijazah !

geng KMPA (the only lady lah..) dani,muhsin,yosay,gian,jekim,yasir
Selesai prosesi wisuda dan saya meyakinkan bahwa keluarga saya mendapatkan makanan dan pulang dengan selamat, acara selanjutnya adalah ARAK-ARAKAN !!
icha, ciput, saya sebelum diarak :)
Inilah pesta kami, wisudawan ITB, yang dipersembahkan oleh seluruh teman-teman satu fakultas..
Kami diarak dari sabuga, lapangan saraga, tunnel, SBM, sipil, gerbang ganesha, lalu plaza widya. Selama arak-arakan, saya mendapat banyak bunga dan ucapan dari sahabat-sahabat tercinta..
Di sabuga, saya mendapat dari Intan, Venes, Rendy, Dinna Maul, dan Mikrobiologi 2007
Di Tunnel, saya tiba-tiba diserbu oleh segerombolan anak-anak SITH, “Ka yosaaayyy !!!!” cium pipi, peluk, lalu berbuket-buket bunga… dari hamida, Gibran, Rinda-Via, Mikro 2009, tim mikrobologi analitik
Di sipil, saya mendapat boneka mashimaroo dari Rahma,
Setelah saya hitung, ada 5 buket bunga, 8 kuntum bunga, kartu ucapan, 1 boneka, dan pulpen wisudawan yang menyusul dari irna. Kalau saya boleh jujur lagi, inilah puncak kebahagiaan yang kedua di hari itu.
Kalian sukses membuat saya mengucap syukur terus menerus, mengembangkan senyum saya sepanjang hari.. kalian membuat saya menjadi penjual bunga hari itu.. namun tetap, Kalian adalah pelangi…
Di gerbang ganesha, saya melihat kamu…
Oh, maksudnya saya melihat performance teman-teman arak-arakan yang superkeren ! megundang decak kagum dan tepuk tangan meriah dari selruh wisudawan.
Kemudian kami melintasi himpunan fisika
Hingga tibalah di plaza widya.. setelah orasi dari kahim, kami melempar toga.. tradisi yang bleum ada sebelumnya di ITB.. (setau saya).. ah, saya merasa sangaaatt lega dan bahagia.. kalau saya boleh jujur lagi, inilah puncak kebahagiaan saya yang ketiga.
Prosesi arak-arakan bubar. Haus, capek, senang, laper, gerah. Hossshh…
Saya dan Gibran (partner ber Kahim in crime ! )

big thanks to dodi ! (kahim)

foto bareng presiden KM dan mentri hublu (tizar dan tito, anak IC semua :D)
Saya menungguu dijemput orangtua untuk foto bersama, di ATM BNI. Dan saat itu saya beruntung untuk bisa bertemu lagi dengan teman-teman kabinet,, saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan mereka mengatur rangkaian wisuda.. saya berfoto dengan mereka..
Setelah dijemput , saya langsung ke tempat studio foto.. foto keluarga..
Ah, mama papa icha… kelulusan ini untuk kalian.. kalian adalah energy bagi saya..
Terima kasih untuk doa yang selalu tercurah, motivasi yang selalu terucap, dan dukungan yang selalu ada..
Kalian adalah anugerah terindah.. kemudian IC,
dan ITB..



EPILOG ~
By the way, inilah ucapan dan hadiah yang saya terima ketika wisuda.. ohh Fyi, saya adalah wisudawati penerima bunga terbanyak se-Nymphaea saat itu lhoo.. aihh senangnyaaa :")

- Intan (mikro 07) : Selamat S.Si, FYI Corporation Yosi Ayu Aulia. Sukses di kehidupan selanjutnya dan cepat menikah.
- Mikro 07 : Kepada YOSAY semoga sukses
- Venes (mikro 07) : 29-10-11 dear Yosi Ayu Aulia S.Si. Hay S****.. Selamat ya sayang, semoga sukses untuk apapun itu rencana kamu di depan
-Kelompok 3 Mikrobiologi Analitik : Asisten Mikan paling sabar sedunia.. selamat ya ka yosay..
-Rinda dan Via (Bio 08) : SElamat Wisuda Yosi Ayu Aulia S.Si.. si tukang cubit . dari adik-adik terunyu, Rinda dan Via
-Amel (mikro08) : Selamat Teh Yosay, S.Si. selamat wisuda teteh, semoga sukses terus/ kerja barokah, s2 lancar, cepet nikah. amiin. salam erasmus mundus.
Rahma (mikro07) : Dear yosay, happy graduation. Say, aku ga mau kasih bunga. Aku mau ngasih sesuatu yang lebih bertahan lama. Mungkin lebih lama dari kamu ketemu aku. Selalu rendah hati dan semangat ya ! with love, rahma



- daann lain-lain... dari teman protokol, KMPA, dan masih banyak lagi...



ini fotonyaa



hadiah wisuda dari temen2.. :")




Mereka adalah pelangi dalam kehidupan saya, sejak di Ganesha 10 hingga seterusnya. Ucapan, doa, dan harapan mereka membuktikan – sekali lagi – kepada saya, bahwa saya tidak pernah sendiri. Selalu ada sahabat yang setia mendampingi dan ikut merasakan kebahagiaan dan kesedihan saya. Ingat postingan saya, (nasihat sahabat). Mereka pun setia menemani saya dan menjaga agar saya tetap teguh untuk selalu berada di jalan-Nya.


Daaann inilah sahabat saya yang sebenarnya : KELUARGA SAYA….
papa, me, mama (acara syukwis SITH)


Mama yg penuh kekhawatiran yg biasanya dituangkan dlm doa atau keparnoan (hahah.. sori bu!), sering beradu pendapat dg saya tapi demokratis dan selalu luluh sm hajat anak-anaknya.
Papa yg super bijak dan bersahabat ! imam dan pengayom yg luar biasa. Meskipun super narsis 2012, papa adalah pekerja keras dan selalu punya cara untuk melayani keluarganya dg maksimal.
Icha adik gendut yg sudah beranjak remaja. Hiks.. sedih, pengennya dia kecil terus aja, lucu sih. Selalu punya cerita yg penuh canda dan keceriaan. Dia adalah ajang latihan saya dlm mendidik anak. Ahahahha. Dan, dia punya kemampuan menulis yg sangat baik. Keren !

Keluarga yg selalu mendukung, member nafas optimisme, memberi alternative jalan keluar, MENDOAKAN..
Mereka adalah sepasang bidadari untuk saya, yang selalu siap membawa saya terbang tinggi..
Mereka adalah alasan utama saya dlm setiap pengambilan keputusan..

Maka ketika ditanya, apa arti momen wisuda untuk saya ?
1. Ketika saya bisa memberikan hadiah untuk keluarga saya
2. ketika saya tau, arti saya di mata teman-teman saya 


Dan, kalo inget kemeriahan dan euforia wisuda ITB dan arak-arakannya... Ahh...Rasanya mau wisuda lagi deh.. percaya deh, wisuda ITB selalu punya banyak cerita. Selalu.

Regards,
Yosay

Rangkaian Kelulusan




Meskipun saya telah menyandang gelar sarjana, saya harap tulisan ini belum menjadi basi untuk dipublikasikan.. setidaknya, saya menulis ini dari sudut pandang alumni yang telah memulai untuk berkiprah di masyarakat, berkarya sesuai dengan profesi.

Mengenang kelulusan, mengenang TA, seminar, skripsi,

siding, kebaya, mengingat janji sarjana ITB..

Napak tilas tugas akhir.

Tugas akhir saya bertema akuakultur. Apakah itu akuakultur? Menurut definisi versi saya, akuakultur adalah bidang ilmu tentang sains dan teknologi budidaya hasil kekayaan perairan. Misalnya, mengkultur mikroalga sebagai bahan pangan atau obat-obatan (Chlorella, pasti tau kan yaa), trus rumput laut untuk bahan baku agar-agar, ikan, udang, dan berbagai hasil budidaya perairan. Nah, tugas akhir saya kali

ini berbudidaya udang putih dengan menggunakan bio

flok. Bioflok adalah konsorsium bakteri dan mikroalga di perairan. Bioflok ini berguna untuk substitusi pakan dan pengontrol kualitas air. Saya juga menambhakan bakteri baik (seperti yakult), yang disebut probiotik untuk kesehatan pencernaan udang. Di akhir penelitian, saya bandingkan produktivitas udang yang dikasih perlakuan dengan udang kontrol..

Tugas akhir saya dibimbing oleh Pak Gede (Dr. Gede Suantika), pakar akuakultur nasional (oye banget kan!!), dengan partner TA Astri Elia, yang ulangtahunnya sama. Lucu

aja kita ultah nya sama, TA nya sama. Hehehhe..

TA dilaksanakan selama 8 bulan (dari november 201

0-Juni2011), dari yang seharusnya menurut timeline Cuma 4 bulan.. hahaha !!! namanya aja TA, masih belajar meneliti .. SUPER CAPEK dan menguras tenaga, biaya, jiwa raga… ohh.. saya jadi jerawatan dan kusam.. hiks hiks..

Alhamdulillah, saya dan astri berhasil meneyelesaikan TA dengan data yang

sesuai harapan. Kami tidak perlu mengulang running perlakuan thd udang. Beruntungnya, TA kami dipresentasikan di forum internasional London International Youth Science Forum (LIYSF) 2011, di London. (cerita tentang LIYSF akan menyus

ul)..

Menuju seminar

Seminar saya dilaksanakan pada tanggal 16 September 2011, di ruang seminar SI

TH lantai 3, jam 14.30 bersama seluruh geng mikroakuatik (dida, saya, astri). secara mum, seminar berlangsung memuaskan (versi saya, sebagai pemberi materi seminar) karena saya dapat menjawab pertanyaan dengan ilmiah dan oke (meskipun ada bagian yang oon.. dooh!!). khusus untuk seminar ini, saya ingin mengucapkan banyak teri

ma kasih kepada teman-teman yang udah dating mendukung saya.. kalian tahu, tepu tangan kalian ketika nama saya dipanggil penguji untuk maju menyampaikan presentasi adalah energi yang hebat untuk saya. Pada seminar kali ini, Kalianlah juaranya…

inilah kami geng mikroakuatik anak bimbing Pak Gede (dida, saya, astri)

Berikut ini catatan-catatan saya tentang seminar :

Setelah seminar, saya praktis capek dan tepar !! nginep di kosan yostal

dan tidur sampe puas… heheh. Setelah itu belanja !! dengan dida, lalu dengan yostal..

Sempurnakan skripsimu..

Ohhh skripsi yang penuh revisi dan kepusingan dikejar deadline.. hoossh… kami diberi waktu 1 minggu untuk merevisi semua skripsi dan mengumpulkannya di panitia sid

ang. By the waayyy… pembimbing saya supersibuk sekalii alhasil, skripsi saya baru sempet direvisi H-1.. grrrr !!!

Oh, ada cerita konyol tentang skripsi. Ketika saya pertama kali membuat skripsi, sebanyak 40 halaman saja (hanya bab 1-4), saya ditagih pak gede via telpon, begini kira-kira:

G : yosi, besok malem ke rumah saya ya, kita revisi skripsi bareng, kasihtau astri juga. Kerjain bab 1 sampe bab 4 dan daftar pustaka ya

Y: oh iya pak.. (suara gentar karena masih kacau balau nasib skripsiku)

Sms astri…

A: yosaayy… gw belooomm L

Y: gw juga.. ini namanya sangkuriang !

Di hari pengumpulan skripsi, saya sms pembimbing, “pak saya dg astri menuju rumah bapak untuk revisi skripsi” ---- ga ada balesan.. (perasaan ga enak)

Setelah muter-muter nyaasar, sampailah di suatu rumah. Saya telpon pembimbing

Y: pak, saya sudah di depan rumah bapak. Nomer 15 bukan pak?

G: bukan, no 25. Eh, yosi, kamu di rumah saya? Saya lg di luar. Saya ga dapet kabar dr kamu.

Y: glek! Iya pak, saya mau ngumpulin skripsi. Saya tadi udh sms bapak.

G: ga aada tuh sms nya. yaudah, kamu lempar aja ke garasi rumah saya. Besok dateng lagi, kita revisi..

Y: lempar aja pak ?? (miris, menahan airmata dlm hati.. ohhh skripsi sangkuriangku… kenapa dilempar.. ke garasi pulak)

G: iya..

Klik.

Astri… marilah kita lempar skrpsi kita dengan tangan kita sendiri.. miriiiisss…

Hikmahnya : kalo janjian dg pembimbing, lebih baik via telpon..

Kejadian itu sih terjadi 2 bulan sebelum seminar.. pasca seminar, skripsi kami dihormati kok. Ehehhe.

SIDANG show time !

Inilah saatnya isi kepala saya selama 4 tahun belajar di mikrobiologi diuji.. jadwal sidang : 30 september, 2011 jam 3-4.. penguji DIA, PA, GS.. (trio sejoli..)

Setelah berusaha mengkhatamkan kitab suci Brock, inilah saatnya..

Sejujurnya, saya merasa sidang saya masih kurang memuaskan bila dibandingkan denga

n seminar. Saya merasa sangat oon dan krg menguasai TA saya.. banyak sekali masukan mengenai TA saya, penulisan skripsi, dan lain-lain.. saya merasa kurang maksimal dalam menjawab pertanyaan para penguji.. ahh maafin saya pak gede…

Keluar ruang sidang, saya nangis.. gregetan sama diri sendiri… langsung dikerumuni oleh yostal, dina, maul, yasir, jekim, irna, intan yang udah stand by di depan ruang sidang.. huhuhu

Pas masuk lagi..

Saya dinasehatin banyak hal … intinya sih, SELAMAT ANDA LULUS (dengan nilai apa nih ??)

Kalimat berikutnya, “kamu langsung nikah ya..??” ehh…. (dalam hati: ah ibuu… baru seminggu yg lalu saya diputus hubungan dengan orang ituu… huhuhuh) curhaatt !!

“saya tadinya ga percaya kamu bisa menyelesaikan TA ini, tap ternyata performa kamu sangat baik” begitu kata pembimbing saya..

“lanjut sekolah lagi ya.. jangan pergi pergi dulu, saya masih banyak proyek” ehh.. di take..

Sejak saat itu, nama saya menjadi Yosi Ayu Aulia, S.Si ..

Alhamdulillah, terima kasih mama papa icha…teman2 mikro…

geng KMPA !! makasih yaa udah dateng ke sidang saya... :)





road to graduation

Setelah sidang lalu apa ?? persiapkan wisuda !! emang bener yah, setelah selesai satu urusan, lakukanlah urusan lain… hohohoo

Mulai saat itu, checklist nya adalah

Kebaya

Bukti penutupan rekening

Surat bebas pinjam

Persiapan syukwis

Gladi resik wisuda

Skripsi jilid rangkap3

Semua dalam waktu krg lbh 1 bulan..

Friday, 4 November 2011

randomisation

Atau kalau dalam english american, tertulis "randomization". sekarang saya lagi mood nulis yg random2.. yang tiba2 terpikir aja di kepala. Maklum, manusia otak kanan. hahahha.. sori ya sodara-sodara. Saya belum mood nulis tentang rangkaian kelulusan, wisuda, dan sebagainya dengan rinci tajam terpercaya.. Jadi saya mau nulis ini dulu aja..

1. Blog ini ditulis di pake komputer di rumah ! haha. Iya nih, lagi pulang aja, trus kangen pk komputer rumah. Kebetulan mamih habis selesai pake, yaudah deh sekalian. Lagipula, mumpung musim hujan. hahah. Apa hubungannya coba ? Hubunganya adalah Tangerang berhawa agak sejuk kalo lg musim dingin, jadi ga perlu nyalain AC plus komputer yang bikin sekring turun.

2. Saya suka musim di bulan ini ! Ehm, lebih tepatnya sejak agustus-akhir tahun. Waktu saya masih di London bulan Agustus lalu, yang masih musim panas ketika bunga-bunga subtropics bermekaran indah sekali, mata saya sangat terhibur dengan keindahan warna-warni bunga yang sangat beragam dan cenderung ga ada di Indoensia. Ketika saya pulang ke Indonesia dan menginjakkan kaki di Bandung, ternyata hal yg sama jg terjadi di Bandung : bunga-bunga bermekaran. Contohnya bunga kolecer di gerbang ganesha ITB, bunga UTS warna oranye di selasar labtek FT, dan bunga kuningo di depan PAU. They create ITB looks awesome. Musim bunga-bunga bermekaran tersebut berganti dengan mendung-mendung syahdu yang bikin Bandung bersifat bandung. Ya, bersifat ga panas terik melainkan sejuk dan adem. Istilah saya, “Bandung lagi bandung ya sekarang” à naoon siihh?? Musim akhir tahun ini ternyata membangkitkan nostalgia yang cukup banyak di benak saya. Mulai dari kenangan kanak-kanak hingga masa kini. I love to remember remarkable stories behind, that’s why I love this season.

3. Sahabat saya lagi sakit. Namanya Yostal, seorang gadis yangs erring dianggap kembarannya Yosay karena sering bareng2 dan memperkenalkan diri berurutan. Jadi, kalo kamui berkenalan “ Saya Yosay” , “Saya Yostal”. Kontan sang orang baru akan terkesiap dan bilang “Kalian kembar??”

Bukan itu ceritanya. Yostal lagi sakit ga tau sakit apa. Dia udah 2 minggu panas demam ga jelas dan puncaknya adalah pengsan ketika wisuda. Mirisnya. Bayangkan, dia adalah gadis tertanguh yang ditakuti segala macam penyakit, akhirnya tumbang bahkan di saat-saat penting dalam hidupnya. Hadoohh..cepat sembuh ya sayaangg… makanya ceeptan cek darah atuh neng, supaya cepet ketahuan sakit apa..

4. Saya mau dapet BB baru.. hihihi… pengennya sih onyx, mudah2 an dapet yaaa.. !!

5. Barusan saya membaca artikel tentang kaitan antara kegiatan olahraga/bermain anak2 yg bersifat spontan dengan perkembangan kedewasaan anak. Surprisingly, kegiatan yang bersifat spontan dan menyenangkan sangat berdampak positif bagi sikap kemandirian anak dalam mengambil keputusan, bersosialisasi, dan menyenangi pekerjaannya. Ketiga sikap tersebut sangat sering dikeluhkan oleh manusia “menuju dewasa” usia 20 an yg sangat rentan galau ini. Artikel tersebut jg menyatakan bahwa pembatasan ruang bermain anak akibat tata kota dan pembangunan yg kurang memperhatikan aspek perkembangan sosial, penjadwalan latihan olahraga bagi anak usia dini, dan keharusan untuk menang alam berkompetisi telah menggeser makna olahraga yang seharusnya bersifat menyenangkan. Hal tersebut tentu berdampak bagi perkembangan mental anak, dan tentu ketiga sikap tadi. Hmmm.. perlu direnungkan nih, kalo generasi saya aja udh banyak kegaluan, apalagi geenrasi anak saya nanti yaa.. generasi ketika semakin banyak pembangunan dan ruang terbuka hijau semakin sedikit. Hayoo.. para insinyur sipil dan planologi, mari kita pecahkan bersama..

6. Saya masih suka ngisengin adik saya. Oh, mungkin telihat tidak dewasa. Tapi saya merasa paling nyaman kalo sama dia. Termasuk berbuat iseng sampe bikin dia nangis. Dia dan keluarga adalah hal yang paling saya rindukan ketika sedang penat dg pekerjaan di Bandung. Puas banget rasanya kalo udh bikin dia cemberut gr2 kesel diisengin. Maaf ya ndut, salah sendiri kamu lucu, tembem, dan gendut. Aku kan jadi gemes. Hahahha…

7. Berita paling berkesan hari ini :

- lagu nasional timnas Filipina dan Vietnam tidak diputar tuntas ketika pertandingan pembukaan Sea games XVI… (maluu !!!)

- panitia New 7 Wonder Foundation Telah menyatakan pulau komodo sebagai salah satu nominator dr 7 keajaiban dunia. Tapiiii…panitia mengenakan biaya sekian (ratus) (ribu) dolar (aduh, maaf lupa nominal nya. Saya ga suka sm angka sih. Ahahha) untuk acara malam pengukuhan Pulau Komodo sbagai 7 keajaiban dunia.. Hmmm.. mungkin kampanye berikutnya : gerakan koin untuk Komodo.

Itu dulu deh,,, semoga saya segera punya mood untuk posting tentang wisuda.

Adios !

Sunday, 23 October 2011

keluarga

Ayah
Beliau adalah seorang teladan bagi keluarganya. Teladan tentang keyakinan kepada Tuhan, tentang kejujuran dan kepercayaan, tentang integritas dan kesungguhan, tentang bakti seorang anak kepada orang tua dan keluarganya, tentang keterlibatan hati dalam segenap perhatian, tentang kerja keras dalam kehidupan, tentang kepiawaiannya dalam berdagang, tentang kemampuannya dalam bersosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat, tentang kedermawanannya, tentang nilai kehidupan, bahkan tentang sudut pandang politik, tentang mimpi dan cita-cita, tentang jodoh, tentang menjadi istri dan ibu yang baik.
Saya memanggilnya Bapak.
Kelak, saya ingin memiliki suami dan anak laki-laki seperti Bapak.

Ibu
Ibu adalah lambang kasih sayang tak terhingga tulus kepada anak-anaknya, lambang doa yang selalu tercurah di sepertiga malam terkahir dan dhuha, lambang kerelaan pengorbanan, lambang kesabaran tiada akhir, lambang kepedulian, lambang sukacita, lambang kerinduan, lambang pengorbanan tertulus, lambang motivasi dan semangat kehidupan, lambang lambang ampunan, lambang kehormatan, lambang kehidupan, lambang keridhoan Tuhan.
Saya memanggilnya Ibu.
Kelak, saya ingin menjadi setulus Ibu.

Adik
Adik saya adalah sosok penuh keceriaan, kebahagiaan, kepolosan, kejujuran, kepedulian, kerinduan, semangat, keramahan, kerendahan hati, persaudaraan, ketulusan, kecerdasan. Dia adik yang menyenangkan dan selalu saya rindukan.
Saya memanggilnya Icha ndutsyal.
Kelak, saya ingin memiliki anak seceria Ndutsyal.

Tuhan, terima kasih karena telah menganugerahkan saya keluarga yang sangat menginspirasi

Menulis Untuk Siapa ?

Menulis adalah kegiatan saya yang menjadi hobi sejak kelas 4 SD. Hobi menulis saya bermula ketika saya melihat serial “Lupus” di TV – serial yang diangkat dari novel era 80-90 an karya Hilman Hariwijaya. Suatu kali ada agenda Lulu, adik Lupus, menulis diari untuk menumpahkan curahan hatinya. Pikiran kana-kana saya waktu itu membayangkan, asik juga yaaa bias nulis di diari gitu, keren deh. Maka pada suatu kesempatan, saya pergi ke toko buku dengan Ayah saya, yang merupakan manifestasi dari hobi membaca sejak kelas 2 SD, saya membeli buku diari pertama saya bergambar Mickey Mouse warna hijau. So cute ! by the way, saya ngefans banget sama tokoh kartun legendaries itu. That’s why my blog named fansofmickeymouse… hehhehe…

Oke lanjut ttg diari pertama… nulis apa ya ??

Tulisan saya yang pertama adalah ttg sahabat, yang menjadi korban adalah Nafilia Ibrahim. Ahahahha… mau maunya dia. Gak deng. Awalnya nia bilang gini “yosi (waktu itu nama yosay belum lahir), tulis ttg aku dong.. jadi kalo pas udah gede kamu baca tulisan itu dan kita ketemu lagi, tulisan itu akan ngingetin kamu ttg sahabat kamu (nia)” à sweet banget ya…

Oke, aku tulis.. judulnya “Nia sahabatku” .. (aduh, senyum2 sendiri ingetnya. Konyol)

Tulisan selanjutnya tentang Amien Rais !! ahahahha… ini lebih kocak lagi.. inti tulisan itu adalah aku nge fans sama Pak Amien. Ya, kondisi politik tahun 98 yang merupakan awal masa reformasi banyak diperankan oleh Amien Rais yang menjadi Bapak Reformasi Indonesia. Waktu itu, Pak Amien menjabat sebagai Ketua MPR RI. Saya mengungkapkan kekaguman saya tentang kearifan dan keberanian beliau sebagai pemimpin...

Diari pertama saya berlanjut dan habis ketika saya kelas 6 SD.

Kemudian muncul diari kedua..

Ketiga..

Keempat..

Sampai akhirnya sekarang diari kedelapan..

Apa yang saya tulis ? kenapa saya senang sekali menulis ?

Ada quote menarik dari seorang dosen TTKI saya kala TPB, Pak Amas Suryadi. Katanya “Menulis adalah proses berpikir yang paling jujur

Setelah saya pikir2, tepat sekali. Ada banyak aspek yang terekspresikan dari sebuah tulisan. Proses berpikir, latar belakang pikiran tersebut, perspektif penulis terhadap suatu topik, dan pesan yang ingin disampaikan. Proses berpikir terlihat dari ketepatan pemilihan bahasa, narasi, dan sistematika penulisan. Latar belakang, persprektif, dan pesan terlihat dari arah tulisan tersebut, suasana yang mendominasi, dan nilai yang ditekankan. Maka tak heran bila kepribadian seseorang dapat ditebak dari tulisannya.

Kenapa bukan berbicara ? bukankah berbicara adalah ekspresi proses berpikir juga ?

Ya, berbicara adalah proses berpikir, bahkan dapat terlihat secara “live” oleh orang di sekitarnya. Tapi, menurut saya, tulisan tetap proses yang lebih jujur. Sebab ketika berbicara, kita harus mempertimbangkan perasaan orang lain, kondisi audiens, atau topic pembicaraan saat itu; singkatnya, kita berhadapan dengan orang lain, maka kita “berusaha” untuk tampil dengan kata-kata yang menarik. Berbeda halnya dengan menulis. Ketika menulis, kita hanya berhadapan dengan pulpen dan kertas atau laptop. Adakah orang lain yang memperhatikan segala proses tersebut secara rinci dan “live” ? kecuali untuk penelitian, saya pikir tidak ada. Maka ketika menulis, kita “hanya” berhadapan dengan diri kita sendiri. Saat itulah kita jujur terhadap apa yang kita rasakan dan apa yang kita pikirkan. Kita menjadi diri kita sendiri.

Oleh karena menulis adalah proses berpikir yang paling jujur, saya senang sekali melakukannya. Dan saya sering mengajak teman-teman untuk menulis. Karena kita berlaku jujur kepada diri sendiri. kita bisa mengekspresikan perasaan, pikiran, gagasan, mimpi, target kehidupan, kegalauan (hahahha), koreksi diri, dan curhat.

Setidaknya, saya sudah menuai manfaat menulis. Saya pernah menjuarai beberapa kompetisi menulis puisi waktu SMP. Oh, kadang-kadang saya pengen membuat buku dari diari tersebut. Meskipun agak pribadi, tapi saya bisa “memantau” perkembangan emosi dan kedewasaan saya. Saya juga bisa mengingat kembali mimpi-mimpi yang saya tuliskan dan itu membuat saya semangat kembali. Saya bisa mengukur sejauh mana saya merencanakan kehidupan dan menikmatinya..

Penulis-penulis terkenal juga banyak memberikan pemikiran, imajinasi, dan pengaruh bagi pembacanya. Penulis yang baik selalu membawa pesan moral bagi pembacanya.

Saya jadi berpikir untuk mengajarkan anak saya kelak untuk menulis.. menulis apapun, supaya ia belajar untuk jujur dalam mengekspresikan perasaannya.

Jadi, menulis untuk siapa ? utamanya memang untuk diri sendiri. Tapi tahukah kamu? Bahwa tulisan yang jujur sangat menyenangkan dan dapat menginspirasi pembacanya. Jadi, menulislah dengan jujur agar tulisan kita tak hanya menjadi ekspresi pribadi; namun juga menjadi inspirasi yang membawa manfaat bagi orang lain. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya ?

Saturday, 1 October 2011

siklus

Siklus. Berasal dari kata "cycle" dalam bahasa Inggris, yang artinya lingkaran.

Siklus, dalam arti ekosistem dan ilmu hayati, secara umum berfungis sebagai mekanisme kesetimbangan dalam suatu sistem. Termasuk manusia.

Dan saya, sebagai manusia berkromosom XX, sedang mengalami suatu siklus. Siklus ini membuat saya meringkuk kesakitan di setiap 24 jam pertama, yang biasanya bisa diobati dengan mengkonsumsi coklat. Selain itu, mengalami siklus ini membuat mood saya sangat sangat swing swing alias moody dan tentunya lebih sensitif. Hal sekecil apapun bisa bikin sebel. Untungnya saya sabar, ahahha... jadinya ga diungkapkan dalam kata-kata yang berpotensi bikin orang lain sebel juga.

postingan ini ga penting sih.

cuma mau curhat, saya sakit perut. :(

Tuesday, 16 August 2011

kepadamu Indonesia

Selamat pagi, Indonesia..
pagi ini kamu cantik sekali :
sinar hangat mentari
kicau burung bernyanyi
sentuhan lembut udara pagi
semerbak embun mewangi

selamat siang, Indonesia..
kau semakin dewasa
menyongsong hari dengan cerah
mengais berkah dengan semangat
sawah menghijau, laut berdebur
mereka adalah ladang jiwa

Selamat sore, Indonesia
memasuki senja, engkau semakin indah
lembayung memayung
desau angin menyapa
mentari bersinar keemasan

Malam, Indonesia..
gemintang, rembulan, binatang malam
mereka adalah perhiasanmu
engkau semakin anggun
melindungi setiap jiwa dalam lelap

-- 27 Feb, 2011--

Kepada Indonesia :
terima kasih untuk setiap butir nasi yang membangun ragaku
terima kasih untuk setiap oksigen yang menghidupi tubuhku
terima kasih untuk permainan tradisional yang membangun jiwaku
terima kasih untuk khasanah budaya yang memperkaya cakarwalaku

terima kasih untuk masa kanak-kanak yang bebas merdeka:
tanah lapang untuk berlarian, dahan pohon untuk dipanjati, hampar alam untuk dijelajahi, sejuta teman untuk disinggahi..

terima kasih untuk fenomena yang mewarnai pemahamanku terhadapmu:
cerita tentang budi oetomo, BPUPKI, Muhammaddiyah, proklamasi, dan konferensi meja bundar di pelajaran sejarah
menatapi layar TV yang bercerita tentang G 30 S PKI dengan lugu
menjadi saksi atas peristiwa Mei 1998
kemudian mengenal kata Reformasi
sim sala bim !
lalu tiba-tiba semua menjadi amburadul seperti ini..

Terima kasih untuk warna yang mendominasi auraku :
sekolah islam, budaya jawa, iklim pendidikan

Terima kasih untuk wawasan yang kau suguhkan, sehingga aku menarik kesimpulan :
aku harus menjadi pelita ternag bagimu, Indonesia..
dengan jiwaku, ragaku, akalku..
sebab aku tahu,

Kau adalah bangsa yang besar,
Indonesia..

-Ramadhan 1432H, jelang 17 Agustus 2011

Sunday, 7 August 2011

catatan Ramadhan #2

Kali ini saya ingin mentadaburi lirik lagu yang satu ini..


Ketika Tangan dan Kaki Berkata - Chrisye

Akan datang hari
Mulut dikunci
Kata tak ada lagi

Akan tiba masa
Tak ada suara
Dari mulut kita

Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya

Berkakta kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya

Tidak tahu kita
Bila harinya
Tanggung jawab, tiba..

Rabbana
Tangan kami
Kaki kami
Mulut kami
Mata hati kami

Luruskanlah
Kukuhkanlah
Di jalan cahaya
Sempurna

Mohon karunia
Kepada kami
Hambamu yang hina


pernahkah kita terpikir bagaimana mempertanggung jawabkan segala perilaku kita. segalanya. ketika lidah tak mampu lagi berkelit.

Saturday, 6 August 2011

Ramadhan #1

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan

Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak keruh menggenang

-Imam Syafii


Kira-kira begitulah yang berhasil yang buktikan, alhamdulillah. Saya mendapatkan perspektif lain terhadap orang barat -- yang notabene dicitrakan sebagai kaum yang anti Islam -- ternyata mereka lebih bertoleransi dan menghargai kemajemukan.

Hari pertama saya berpuasa di musim panas di negeri non muslim. Artinya saya harus berpuasa selama 18 jam ! dahsyat. Saya mulai berpuasa dari jam 3.30-20.50. Kebetulan, hari itu jadwal kami sangat padat kuliah hingga jam 21.30. Itu artinya kami melewati masa berbuka (yang tentu sangat ditungggu-tunggu), karena kami tidak diizinkan makan/minum ketika kuliah di kelas.

Pada awalnya saya hanya bisa pasrah, "yaudahlah, bingung juga saya harus ngomong apa".. Untungnya Mbak Luki, leader dari SMU Madania, menyampaikan kebutuhan kami kepada salah satu panitia. Ketika di akhir kuliah siang, director LIYSF Richard Myhill mengumumkan "For Those who in Ramadhan, please stay in the room".

Ketika kami berkumpul, Richard mengumumkan beberapa keringanan dan toleransi bagi delegasi yang sedang berpuasa yakni :

  1. kami diperbolehkan berbuka puasa ketika kuliah malam, asalkan kami duduk di belakang, tidak ribut, dan tidak mengganggu pserta lain.
  2. kami diperbolehkan menggunakan microwave di tengah malam untuk sahur.
  3. kami diperbolehkan membungkus jatah sarapan dan makan malam kami untuk buka dan sahur..

dan kami -- seluruh delegasi dari berbagai negara yang sedang berpuasa dan Richard -- sepakat.


## pelajaran :

1. ternyata orang Barat sangat menghargai perbedaan dan bertoleransi terhadap hal itu, lebih dari orang Indonesia pada umumnya. Kita harus belajar tentang hal itu.

2. If you ask, you will get. pelajaran dari cerita Mbak Luki..


***

akan tetapi..

Ketika kuliah malam..

dan waktunya berbuka tiba.


Kami berbuka, minum sekedarnya untuk membatalkan. Oh, tapi mereka makan dan mengedarkan kurma, bahkan berisik. Padahal kami telah bersepakat untuk menjaga ketenangan. Dan kenapa juga sih, mereka harus keluar ruangan dengan berbondong-bondong, menghasilkan suara agak gaduh, dan tidak elegan. Kalaupun alasannya adalah waktu maghrib yang terbatas, bukankah sholatnya bisa dijama' dengan Isya...

Malu deh... karena Richard langsung pasang muka "yee...kok berisik sih. kan tadi kita udah sepakat". kalo begini, gimana citra Islam jadi baiiikk... tolooonngg...

Tidakkah mereka berpikir lebih moderat dan elegan; Bukankah Rasulullah pun menyepakati perjanjian Hudaibiyah dengan elegan..

Kenapa banget siihh... :(( sedih deh.. mereka saudaraku, tapi aku ga berdaya untuk mengingatkan.. karena sebagian besar mereka sangat sombong.. mungkin ini yaa.. yang bikin OKI gabisa membela palestina, bosnia, dan afghanistan..

Beri hamba kekuatan ya Allah...

Wednesday, 3 August 2011

surat dari ibu

SURAT DARI IBU, UTK SANG MENANTU LAKI-LAKI

Wahai menantuku,

Aku hanyalah seorg ibu yg berbicara atas nama diriku sendiri dgn melihat putriku sbg istrimu dan engkau sbg menantuku. Bila engkau membaca pesan ini, semoga engkau melihat pula bayang wajah ibumu yg telah mengandung dan melahirkanmu, berdiri bersamaku tepat di hadapanmu.

Wahai menantuku,

Engkau imam dunia akherat utk putriku. Bukankah engkau juga akan membawanya hingga ke baka dan memberinya satu tiket ke surga?

Wahai menantuku,

Bila ada kelemahan dari istrimu dan seribu lagi keburukan yg dilakukannya akibat kelemahan dan juga krn kekurangan darinya, itu menjadi tugasmu utk mendidiknya skrg dan bukan lagi tugasku.

Diajarkan kepadamu oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bahwa seorg suami tak boleh membiarkan mata istrinya basah walau hanya serupa tetesan embun dini hari. Bukankah engkau sbg suaminya yg hrs melindunginya dgn rasa tentram dan aman? Maka berikanlah keteduhan bagi jiwanya.

Engkau suami yg dipilih Allah utk putriku, bersabarlah terhadap istrimu dan tetaplah bersikap lemah lembut padanya.

Bukankah engkau menikahinya atas nama Allah Subhanahu Wata’aalaa? Maka sayangi dan peliharalah istrimu dgn jalan Allah.

Wahai menantuku,

Sebagian besar penghuni neraka adlh perempuan dan itu disebabkan mereka durhaka terhadap suaminya, maka selamatkanlah istrimu dari dosa yg lebih besar. Bukankah nantipun engkau akan ditanya tentang tanggung jawab bgmana kau mengurus mereka dan menjaga jalan surga utk bisa dilalui oleh yg harus kau bawa serta? Dan pertanyaan itu akan ditujukan padamu, bukan padaku.

Wahai menantuku,

Engkau diijinkan menghukum istrimu sewajarnya namun jgnlah mengenai wajahnya dan jgn pula menyentuh tubuhnya hingga meninggalkan jejak luka. Jgnlah menghardiknya dgn kata kasar dan umpatan yg merendahkan seolah engkau turut menistakan dirimu sendiri sebab ia itu pakaianmu.

Wahai menantuku,

Aku titipkan putriku padamu buatlah dia tersenyum menuju surga atas tiket darimu..


notes :

ini gw copas juga dari notes facebook Adam Hastara Aji.
gw copas notes ini ditujukan untuk teman teman tersayang gw yang ingin segera menikah (yosay fida hawa dst).sampaikan pada calon kalian ya. xixi
gw? nantilah di waktu yang tepat dan dengan orang yang tepat.hehehe (jawaban paling aman diseluruh penjuru dunia).


dari ariani intan utami..

Monday, 4 July 2011

sulit

salah satu kesulitan saya adalah mengutarakan hal-hal sulit, kurang menyenangkan, senstif, kepada orang-orang yang saya anggap sulit. huaaaahhhh...

siapakah orang yg saya anggap sulit ? yaitu orang-orang yang jarang berinteraksi dg saya, pernah bermasalah dg saya, dan jarang berbicara dg saya dari hati ke hati.

ahhhhh !!!!!

tiba2 inget doanya Nabi Musa as

"Rabbi srohlii sodrii wa yassirlii amrii wahlul u'datan millisaanii yaf qohuu qowlii.."

semoga kesulitan ini segera teratasi dan terselesaikan. amin.

Friday, 24 June 2011

Aisyah Adinda Kita

Ketika saya menulis ini, seharusnya saya mengerjakan list tugas berikut ini :
  1. merapikan data pengamatan TA
  2. merekapitulasi hasil identifikasi mikroba
  3. membuat proposal
Tetapi oh tetapi... saya malassss!! oh tidak boleh. makanya saya nulis blog aja deh. untuk mengalihkan rasa malas..

oke, sebelumnya kita nyanyi dulu.. ini ada;ah salah satu lagu yg diputar di playlist "nasyid" di media player laptop saya..

Judulnya : Aisyah Adinda Kita
- Bimbo

Aisyah adinda kita yang sopan dan jelita
Angka SMP dan SMA sembilan rata - rata
Pandai mengarang dan organisasi
Mulai Muharam 1401 memakai jilbab menutup rambutnya
Busana muslimah amat pantasnya

Aisyah adinda kita yang sopan dan jelita
Index Prestasi tertinggi tiga tahun lamanya
Calon insinyur dan bintang di kampus
Bulan Muharam 1404 tetap berjilbab menutup rambutnya
Busana muslimah amat pantasnya

Aisyah adinda kita tidak banyak berkata
Aisyah adinda kita dia memberi contoh saja

Ada sepuluh Aisyah berbusana muslimah
Ada seratus Aisyah berbusana muslimah
Ada sejuta Aisyah berbusana muslimah
Ada sejuta Aisyah, Aisyah adinda kita

Lagu tersebut dibawakan oleh grup musik Bimbo, kira-kora pada tahun 80 an. Ya, kira-kira bila dihitung dari tahun hijriah yang tersebut di lirik tersebut. Lagu yang memiliki makna mendalam tentang profil seorang muslimah berjilbab, bahkan bagi kami (saya dan teman2 mikro) saat ini, 30 tahun setelah lagu tersebut dirilis.

Makna yang ingin disampaikan dari lagu tersebut adalah : seorang muslimah berjilbab juga mampu berprestasi, berbudi luhur, dan menjadi figur teladan. Bila dilihat dari tahun perilisan lagu tersebut, tampaknya Bimbo ingin menghapuskan kesan wanita berjilab yang kolot, penuh kejahatan(baca : teroris), dan tidak mampu berkiprah di masyarakat. Bimbo menyuguhkan profil hebat dari seorang muslimah kala itu. Mari kita renungkan liriknya.

Bait 1.
Aisyah Adinda kita, yang sopan dan jelita. (wanita berjilbab pun berbudi dan dapat berpenampilan cantik)
angka SMP, dan SMA sembilan rata-rata (juga cerdas dan berprestasi)
Pandai mengarang dan organisasi (serta mampu berkiprah di masyarakat)
Bulan Muharram 1401 meemakai jilbab, menutup rambutnya,(pada tahun ini -- ketika marak aksi penolakan jilbab di Indonesia-- aisyah berani mengambil keputusan hebat)
busana muslimah amat pantasnya.

Bait 2.
Aisyah adinda kita yang sopan dan jelita
Index Prestasi tertinggi tiga tahun lamanya (bahkan ketika kuliah pun tetap berprestasi)
Calon insinyur dan bintang di kampus (insinyur : mungkin maksudnya kuliah di ITB-- mengingat Bimbo berasal dari Bandung --dan ITB kala itu adalah simbol hegemoni pendidikan teknik. Bahkan muslimah berjilbab pun mampu berkuliah di sekolah pendidikan terbaik pada masanya)
Bulan Muharam 1404 tetap berjilbab menutup rambutnya (dan tetap istiqamah berjilbab)
Busana muslimah amat pantasnya

Bait 3.
Aisyah adinda kita tidak banyak berkata
Aisyah adinda kita dia memberi contoh saja
(bait ini memberikan makna mendalam tentang kekuatan yg menginspirasi dari seorang muslimah berjilbab tanpa banyak bicara)

Bait 4.
Ada sepuluh Aisyah berbusana muslimah
Ada seratus Aisyah berbusana muslimah
Ada sejuta Aisyah berbusana muslimah
Ada sejuta Aisyah, Aisyah adinda kita (Adinda kita : muslimah yang berkualitas dan berkahlaq mulia adalah manusia yg bernilai bagi sesama)
(Bait ini menggambarkan harapan BImbo agar profil Aisyah yg demikian menginspirasi dapat terus menular ke muslimah atau wanita lainnya)

Saya mendengar lagu ini pertama kali ketika SMA. Dan langsung jatuh cinta. Pada kesederhanaan liriknya, dan kekuatan maknanya. Lagu ini mengingatkan saya untuk menjadi sebaik-baiknya muslimah dimanapun saya berada. Di rumah. di kosan, di kampus, di lab, di masyarakat, di organisasi, di dunia, di akhirat. Semoga. Amin.

#yuk kerjain skripsi nya supaya bisa jd muslimah yg bermnafaat di duni dan di akhirat. supaya menjadi cahaya mata untuk mama papa. supaya menjadi teladan untuk icha. supaya menjadi tulang rusuk yang kuat bagi suami kelak. dan menjadi kehangatn inspirasi bagi anak-cucu.


~> officially launching new label : resensi

Thursday, 19 May 2011

salah moderation

sehingga secara tidak sengaja saya (mungkin salah klik) tidak publish comment teman-teman pada postingan "serba serbi golongan darah"..

maaf yaaa.. :'(

jangan kapok berkunjung dan comment di blog saya yaa... :D

sekali lagi, saya mohon maaf. sama sekali tidak bermaksud untuk tidak publish comment teman2 sekalian... mweee...

Wednesday, 11 May 2011

serba serbi golongan darah (seru lho!)

lgi iseng pas ngerjain TA. eh, nemu artikel menarik ttg golongan darah. hihi... dapet dr link ini, http://www.doktertomi.com/2006/02/01/sifat-keberhasilan-berdasarkan-golongan-darah/

...

Di Jepang, ramalan tentang seseorang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio. Kenapa? Katanya, golongan darah itu ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya juga menentukan psikologi kita. Benar apa tidak? (alasannya masuk akal dan ilmiah sih..heheh, tapi gatau dh, bener atau nggak)

Sifat secara umum :

1. A : terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (karena perfeksionis) yang kadang bikin orang mudah sebel, kecenderungan politik: “dekstra”
2. B : nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik: “sinistra”
3. O : berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yang detil (bener banget ini.super bener), kecenderungan politik: “centro”
4. AB : unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan politik: “sinistra”

Yang paling gampang ngaret soal waktu :

1. B : karena nyantai terus
2. O : karena flamboyan (hahahha...)
3. AB : karena gampang ganti program
4. A : karena gagal dalam disiplin

Yang paling susah mentolerir kesalahan orang :

1. A : karena perfeksionis dan narsismenya terlalu besar
2. B : karena easy going tapi juga easy judging
3. AB : karena asal beda
4. O : easy judging tapi juga easy pardoning (ada bener nya juga nih,, hehe)

Yang paling bisa dipercaya :

1. A : karena konsisten dan taat hukum
2. O : demi menjaga balance (credible lah yaa...)
3. B : demi menjaga kenikmatan hidup
4. AB : mudah ganti frame of reference

Yang paling disukai untuk jadi teman :

1. O : orangnya sportif (assssooyy...)
2. A : selalu on time dan persis
3. AB : kreatif
4. B : tergantung mood

Kebalikannya, teman yang paling disebelin/ tidak disukai :

1. B : egois, easy come easy go, maunya sendiri
2. AB : double standard
3. A : terlalu taat dan scrupulous
4. O : sulit mengalah (emang sih, tapi yg penting paling disukai.hah.ngeyel kan)

Yang paling mudah kesasar/tersesat :

1. B
2. A
3. O
4. AB

Yang paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga :

1. O : jago olah raga
2. A : persis dan matematis
3. B : tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo, renang dan gulat jepang bergolongan darah B
4. AB : alergi pada setiap jenis olah raga

Yang paling banyak jadi direktur dan pemimpin :

1. O : karena berjiwa leadership dan problem-solver (widdiiiww.. gahuulll)
2. A : karena berpribadi “minute” dan teliti
3. B : karena sensitif dan mudah ambil keputusan
4. AB : karena kreatif dan suka ambil resiko

Yang jadi PM jepang rata-rata bergolongan darah O (berjiwa pemimpin)
Mahasiswa Tokyo Univ pada umumnya bergolongan darah B

Yang paling gampang nabung :

1. A : suka menghitung bunga bank (ini alasannya kocak bgd deh)
2. O : suka melihat prospek (yoi, bener banget men)
3. AB : menabung karena punya proyek
4. B : baru menabung kalau punya uang banyak

Yang paling kuat ingatannya :

1. O (massaa... orang suka lupa naro barang dimana)
2. AB
3. A
4. B

Yang paling panjang umur :

1. O : gak gampang stress, antibodynya paling joss! (amiiinnn)
2. A : hidup teratur
3. B : mudah cari kompensasi stress
4. AB : amburadul

Yang paling gampang gendut :

1. O : nafsu makan besar, makannya cepet lagi (makan emang cepet sih, tapi nafsu makan kecil)
2. B : makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak
3. A : hanya makan apa yang ada di piring, terpengaruh program diet
4. AB : makan tergantung mood, mudah kena anoreksia

Yang paling gampang flu/ demam/ batuk/ pilek :

1. A : lemah terhadap virus dan pernyakit menular
2. AB : lemah terhadap hygiene
3. O : makan apa saja enak atau nggak enak (haha. kagak ah. saya pemilih makanan)
4. B : makan, tidur nggak teratur

Apa yang dibuat pada acara makan di sebuah pesta :

1. O : banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging-dagingan (iyakaahh??)
2. A : ngambil yang berimbang, sehat 5 sempurna
3. B : suka ambil makanan yang banyak kandungan airnya seperti sop, soto, bakso dan sebagainya
4. AB
hobby mencicipi semua masakan, “aji mumpung”

Yang paling cepat botak :

1. O (hahha, terbukti ketika baru sembuh dr cacar)
2. B
3. A
4. AB

Yang tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin :

1. B : tetap mendengkur meski ada Tsunami
2. AB : jika lagi mood, sleeping is everything
3. A : tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum
4. O : baru tidur kalau benar-benar capek dan membutuhkan (bener juga sih)

Yang paling cepet tertidur :

1. B : paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur
2. O : Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk (bener juga..haha)
3. AB : tergantung kehendak
4. A : tergantung aturan dan orario

Penyakit yang mudah menyerang :

1. A : stress, majenun/ linglung
2. B : lemah terhadap virus influenza, paru-paru
3. O : gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut (betuuuullll sekaliii)
4. AB : kanker dan serangan jantung, mudah kaget

Apa yang perlu dianjurkan agar tetap sehat :

1. A : karena terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius
2. B : karena terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, meditasi, main catur
3. O : karena daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan (pas banget nih sama hobi jalan2... hoho)
4. AB : karena gampang capek, maka perlu cari kegiatan yang menyenangkan dan bikin lega

Yang paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian) :

1. A
2. B
3. O (ohyaa... padahal saya udah 3 kali lho selama 2 tahun)
4. AB


so much refreshing...

so, what's your blood type?

let me know, let's share..


the O girl.. :)

Tuesday, 10 May 2011

apologize for

maafkan saya.

untuk kesalahan yang pernah saya buat, saya tahu itu melukaimu. Saya tidak akan mengulanginya.

maafkan saya.

untuk rasa pedih yang belum bisa saya hapus seluruhnya, saya sebenarnya ingin.

maafkan saya.

untuk trauma yang membuat saya menutup hati saya kepada siapapun, termasuk dirimu.

maafkan saya.

there's no irreplaceable one for me, for several time.

untuk hati saya,
maafkan saya. bukan saya tidak ingin membukamu untuk mahluk-Nya yang berniat tulus. Saya hanya belum tahu bagaimana caranya menyembuhkanmu, sehingga saya bisa membukamu lagi..
Beri saya kesempatan untuk menatamu kembali, mengembalikan semua kepada-Nya.

untuk Maha Cinta.
ampuni saya, tolong hamba ya Rabb..

I miss my sister

our photo.. :)

she is :

so much funny !
fat ? not at all, but she is "bigger" than me
"unyu"
interesting
she is fabulous
she is sweet and cute
she has a great writing sense. you can check one of them,,
she is my "twin" sister
she is..

ALISHIA PUTRI MAITSAA... my ndutsyal sister..

Wednesday, 4 May 2011

Indonesia Tanah Surga

Goa Dong Thien Chun, Vietnam

Goa "Gong", Pacitan Jawa Timur

Ha Long Bay, Vietnam

Cukang Taneuh, Jawa Barat


Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jalan cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu

Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupmu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu


Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman

- Koes plus, (Kolam Susu)

video

pernahkah kita sadari bahwa negri kita terhampar di atas tanah surga..

Gamabar-gambar di atas hanyalah salah satu contoh bentang alam (daya tarik wisata) yang ada di negara lain, namun juga ada di Indonesia. Perbedaannya adalah sense of belonging masyarakat Indonesia terhadap apa yang dimilikinya. Sedikit cerita, ketika saya berkesempatan mengunjungi Vietnam Agustus 2010 lalu, saya dan teman-teman memanfaatkan kesempatan untuk berkunjung ke Ha Long Bay, salah stau tempat wisata yang dinobatkan menjadi seven world heritage oleh UNESCO. Penasaran, saya kunjungi tempat itu. Indah. Sangat Indah. Bagian yang paling menarik dari situs tersebut adalah adanya goa yang membentuk ruang tersendiri di lautan tersebut. Baguuuss !! Tapi Indonesia juga punya. Cukang Taneuh di Jawa Barat. Ah, tapi sayangnya masyarakatnya kurang mengapresiasi anugerah Tuhan yang satu ini. Alhasil, Cukang Taneuh hanya menjadi tujuan wisata lokal. Padahal pengemasan, promosi, dan penataan yang lebih terencana sangat mungkin untuk mengangkat potensi pariwisata Indonesia ini.

Ini hanya dari potensi pariwisata.
Ada lagi ? Tentu. Bahkan masih sangat banyak.
Perekonomian, kehutanan, kelautan, SDM berkualitas, budaya beraneka ragam, sumber daya hayati, energi, sumber pangan, rempah-rempah, kuliner, seni, bahkan mikroba ! Semua ada berlimpah di negeri ini.

Pertanyaan yang muncul di benak saya. Apa yang nggak ada di Indonesia ?
lalu hati saya menjawab : Kepedulian.

pertanyaan lain muncul : kamu mau menjadi pemuda apatis yang menuntut perubahan atau pemuda peduli yang melakukan perubahan, say ?

hati saya tahu jawabannya. buktikan saja.