Sunday 18 December 2011

Rangkaian Kelulusan




Meskipun saya telah menyandang gelar sarjana, saya harap tulisan ini belum menjadi basi untuk dipublikasikan.. setidaknya, saya menulis ini dari sudut pandang alumni yang telah memulai untuk berkiprah di masyarakat, berkarya sesuai dengan profesi.

Mengenang kelulusan, mengenang TA, seminar, skripsi,

siding, kebaya, mengingat janji sarjana ITB..

Napak tilas tugas akhir.

Tugas akhir saya bertema akuakultur. Apakah itu akuakultur? Menurut definisi versi saya, akuakultur adalah bidang ilmu tentang sains dan teknologi budidaya hasil kekayaan perairan. Misalnya, mengkultur mikroalga sebagai bahan pangan atau obat-obatan (Chlorella, pasti tau kan yaa), trus rumput laut untuk bahan baku agar-agar, ikan, udang, dan berbagai hasil budidaya perairan. Nah, tugas akhir saya kali

ini berbudidaya udang putih dengan menggunakan bio

flok. Bioflok adalah konsorsium bakteri dan mikroalga di perairan. Bioflok ini berguna untuk substitusi pakan dan pengontrol kualitas air. Saya juga menambhakan bakteri baik (seperti yakult), yang disebut probiotik untuk kesehatan pencernaan udang. Di akhir penelitian, saya bandingkan produktivitas udang yang dikasih perlakuan dengan udang kontrol..

Tugas akhir saya dibimbing oleh Pak Gede (Dr. Gede Suantika), pakar akuakultur nasional (oye banget kan!!), dengan partner TA Astri Elia, yang ulangtahunnya sama. Lucu

aja kita ultah nya sama, TA nya sama. Hehehhe..

TA dilaksanakan selama 8 bulan (dari november 201

0-Juni2011), dari yang seharusnya menurut timeline Cuma 4 bulan.. hahaha !!! namanya aja TA, masih belajar meneliti .. SUPER CAPEK dan menguras tenaga, biaya, jiwa raga… ohh.. saya jadi jerawatan dan kusam.. hiks hiks..

Alhamdulillah, saya dan astri berhasil meneyelesaikan TA dengan data yang

sesuai harapan. Kami tidak perlu mengulang running perlakuan thd udang. Beruntungnya, TA kami dipresentasikan di forum internasional London International Youth Science Forum (LIYSF) 2011, di London. (cerita tentang LIYSF akan menyus

ul)..

Menuju seminar

Seminar saya dilaksanakan pada tanggal 16 September 2011, di ruang seminar SI

TH lantai 3, jam 14.30 bersama seluruh geng mikroakuatik (dida, saya, astri). secara mum, seminar berlangsung memuaskan (versi saya, sebagai pemberi materi seminar) karena saya dapat menjawab pertanyaan dengan ilmiah dan oke (meskipun ada bagian yang oon.. dooh!!). khusus untuk seminar ini, saya ingin mengucapkan banyak teri

ma kasih kepada teman-teman yang udah dating mendukung saya.. kalian tahu, tepu tangan kalian ketika nama saya dipanggil penguji untuk maju menyampaikan presentasi adalah energi yang hebat untuk saya. Pada seminar kali ini, Kalianlah juaranya…

inilah kami geng mikroakuatik anak bimbing Pak Gede (dida, saya, astri)

Berikut ini catatan-catatan saya tentang seminar :

Setelah seminar, saya praktis capek dan tepar !! nginep di kosan yostal

dan tidur sampe puas… heheh. Setelah itu belanja !! dengan dida, lalu dengan yostal..

Sempurnakan skripsimu..

Ohhh skripsi yang penuh revisi dan kepusingan dikejar deadline.. hoossh… kami diberi waktu 1 minggu untuk merevisi semua skripsi dan mengumpulkannya di panitia sid

ang. By the waayyy… pembimbing saya supersibuk sekalii alhasil, skripsi saya baru sempet direvisi H-1.. grrrr !!!

Oh, ada cerita konyol tentang skripsi. Ketika saya pertama kali membuat skripsi, sebanyak 40 halaman saja (hanya bab 1-4), saya ditagih pak gede via telpon, begini kira-kira:

G : yosi, besok malem ke rumah saya ya, kita revisi skripsi bareng, kasihtau astri juga. Kerjain bab 1 sampe bab 4 dan daftar pustaka ya

Y: oh iya pak.. (suara gentar karena masih kacau balau nasib skripsiku)

Sms astri…

A: yosaayy… gw belooomm L

Y: gw juga.. ini namanya sangkuriang !

Di hari pengumpulan skripsi, saya sms pembimbing, “pak saya dg astri menuju rumah bapak untuk revisi skripsi” ---- ga ada balesan.. (perasaan ga enak)

Setelah muter-muter nyaasar, sampailah di suatu rumah. Saya telpon pembimbing

Y: pak, saya sudah di depan rumah bapak. Nomer 15 bukan pak?

G: bukan, no 25. Eh, yosi, kamu di rumah saya? Saya lg di luar. Saya ga dapet kabar dr kamu.

Y: glek! Iya pak, saya mau ngumpulin skripsi. Saya tadi udh sms bapak.

G: ga aada tuh sms nya. yaudah, kamu lempar aja ke garasi rumah saya. Besok dateng lagi, kita revisi..

Y: lempar aja pak ?? (miris, menahan airmata dlm hati.. ohhh skripsi sangkuriangku… kenapa dilempar.. ke garasi pulak)

G: iya..

Klik.

Astri… marilah kita lempar skrpsi kita dengan tangan kita sendiri.. miriiiisss…

Hikmahnya : kalo janjian dg pembimbing, lebih baik via telpon..

Kejadian itu sih terjadi 2 bulan sebelum seminar.. pasca seminar, skripsi kami dihormati kok. Ehehhe.

SIDANG show time !

Inilah saatnya isi kepala saya selama 4 tahun belajar di mikrobiologi diuji.. jadwal sidang : 30 september, 2011 jam 3-4.. penguji DIA, PA, GS.. (trio sejoli..)

Setelah berusaha mengkhatamkan kitab suci Brock, inilah saatnya..

Sejujurnya, saya merasa sidang saya masih kurang memuaskan bila dibandingkan denga

n seminar. Saya merasa sangat oon dan krg menguasai TA saya.. banyak sekali masukan mengenai TA saya, penulisan skripsi, dan lain-lain.. saya merasa kurang maksimal dalam menjawab pertanyaan para penguji.. ahh maafin saya pak gede…

Keluar ruang sidang, saya nangis.. gregetan sama diri sendiri… langsung dikerumuni oleh yostal, dina, maul, yasir, jekim, irna, intan yang udah stand by di depan ruang sidang.. huhuhu

Pas masuk lagi..

Saya dinasehatin banyak hal … intinya sih, SELAMAT ANDA LULUS (dengan nilai apa nih ??)

Kalimat berikutnya, “kamu langsung nikah ya..??” ehh…. (dalam hati: ah ibuu… baru seminggu yg lalu saya diputus hubungan dengan orang ituu… huhuhuh) curhaatt !!

“saya tadinya ga percaya kamu bisa menyelesaikan TA ini, tap ternyata performa kamu sangat baik” begitu kata pembimbing saya..

“lanjut sekolah lagi ya.. jangan pergi pergi dulu, saya masih banyak proyek” ehh.. di take..

Sejak saat itu, nama saya menjadi Yosi Ayu Aulia, S.Si ..

Alhamdulillah, terima kasih mama papa icha…teman2 mikro…

geng KMPA !! makasih yaa udah dateng ke sidang saya... :)





road to graduation

Setelah sidang lalu apa ?? persiapkan wisuda !! emang bener yah, setelah selesai satu urusan, lakukanlah urusan lain… hohohoo

Mulai saat itu, checklist nya adalah

Kebaya

Bukti penutupan rekening

Surat bebas pinjam

Persiapan syukwis

Gladi resik wisuda

Skripsi jilid rangkap3

Semua dalam waktu krg lbh 1 bulan..

No comments:

Post a Comment