Sunday, 18 December 2011

road to graduation day



SYUKURAN WISUDA SITH, 28 Oktober 2011

ini adalah agenda rutin SITH, dan semua fakultas di ITB untuk mengadakan syukuran atas keberhasilan mahasiswanya menempuh pendidikan. ehm, overall menyenangkan karena kami saling memperkenalkan orang tua masing-masing kepada dosen dan teman-teman kami.. Kami menemukan keluarga yang bertambah besar di sini.. Kami adalah keluarga besar SITH..
inilah kami..
saya, Bu Dea (Kaprodi mikrobiologi yg kami banggakan), Hawa
Geng Mikroakuatik

foto dengan mamih (Bu Pingkan) she is inspiring !

GRADUATION DAY ..
this is me !
29 Oktober 2011. Hari yang bersejarah bagi saya dan keluarga saya, karena dapat mempersembahkan kelulusan ini untuk mama papa.. malaikat yang selalu melebarkan sayapnya untuk memberi saya surga sekaligus membisikkan saya mengenai makna kehidupan..
Ferdy, Bu Anis (mama protokoler), dan saya

Pembukaan sidang,
Lagu Indonesia raya, mengheningkan cipta
Janji lulusan ITB
Pidato rektor,, saat ini, nama saya dan astri disebut sebagai mahasiswa berprestasi karena telah membawa karya TA ke LIYSF.
Pengumuman wisudawan spesil oleh wakil rector bidang akademik.
Pemanggilan wisudawan… “Yosi Ayu Aulia”
Maka saya yakinkan bahwa saya mengenakan kebaya terbaik, mempersembahkan senyuman terbaik, dan berjalan anggun dengan hati-hati.. Saya bersalaman dengan Pak Akhmaloka, Bu Pingkan, Bu Dea, kemudian turun podium.. saya resmi menjadi sarjana,, saya telah dilepaskan ITB untuk siap berkarya nyata bagi bangsa.. Saya bukan lagi iron stock, melainkan besi yang sudah tretempa dan siap membangun bangsa..
Saya berjalan ke arah belakang podium untuk mnegambil ijazah.. dan saat itulah hal yang mengharukan terjadi..
*epilog, sebelumnya saya melihat salah seorang guru besar turun dari podium dan berjalan ke belakang. mungkin ke toilet, pikir saya. Ah, tapi nanti beliau tak melihat saya dipanggil ke depan..
Namun ketika saya berjalan menuju tempat pengambilan ijazah, beliau telah ada di sana menyambut saya dengan senyum lebar dan tangan terbuka..
“Yosii… selamat yaa..” Ah, hampir air mata saya jatuh.. kami bersalaman dan saya tidak melewatkan kesempatan itu. Saya genggam tangannya erat, berharap semoga rasa syukur, merasa terhormat, dan terima kasih yang begitu besar dapat langsung tersalurkan.
“Om, terima kasih ya.. terima kasih untuk bimbingan dan perhatiannya selama ini.. terima kasih Om.. Tanpa perhatian om, mungkin kami (anak-anak IC) tidak akan di sini..” Suara saya parau, menahan haru.
“Yosi, kamu hebat, selamat yaa..”
“Saya yang berterima kasih … terima kasih, Om..”
“Yosi…” Beliau memgang pundak saya ternsenyum lebar penuh kebanggaan. Sesaat, waktu itu hanya milik kami hingga beliau memecah keheningan, “Dida mana ?”
“Dida belum om, dia nim akhir..”
Dan ketika dida keluar, kami foto bersama di belakang panggung…
Kalau boleh jujur, inilah puncak pertama kebahagiaan saya di hari itu..
mengambil ijazah !

geng KMPA (the only lady lah..) dani,muhsin,yosay,gian,jekim,yasir
Selesai prosesi wisuda dan saya meyakinkan bahwa keluarga saya mendapatkan makanan dan pulang dengan selamat, acara selanjutnya adalah ARAK-ARAKAN !!
icha, ciput, saya sebelum diarak :)
Inilah pesta kami, wisudawan ITB, yang dipersembahkan oleh seluruh teman-teman satu fakultas..
Kami diarak dari sabuga, lapangan saraga, tunnel, SBM, sipil, gerbang ganesha, lalu plaza widya. Selama arak-arakan, saya mendapat banyak bunga dan ucapan dari sahabat-sahabat tercinta..
Di sabuga, saya mendapat dari Intan, Venes, Rendy, Dinna Maul, dan Mikrobiologi 2007
Di Tunnel, saya tiba-tiba diserbu oleh segerombolan anak-anak SITH, “Ka yosaaayyy !!!!” cium pipi, peluk, lalu berbuket-buket bunga… dari hamida, Gibran, Rinda-Via, Mikro 2009, tim mikrobologi analitik
Di sipil, saya mendapat boneka mashimaroo dari Rahma,
Setelah saya hitung, ada 5 buket bunga, 8 kuntum bunga, kartu ucapan, 1 boneka, dan pulpen wisudawan yang menyusul dari irna. Kalau saya boleh jujur lagi, inilah puncak kebahagiaan yang kedua di hari itu.
Kalian sukses membuat saya mengucap syukur terus menerus, mengembangkan senyum saya sepanjang hari.. kalian membuat saya menjadi penjual bunga hari itu.. namun tetap, Kalian adalah pelangi…
Di gerbang ganesha, saya melihat kamu…
Oh, maksudnya saya melihat performance teman-teman arak-arakan yang superkeren ! megundang decak kagum dan tepuk tangan meriah dari selruh wisudawan.
Kemudian kami melintasi himpunan fisika
Hingga tibalah di plaza widya.. setelah orasi dari kahim, kami melempar toga.. tradisi yang bleum ada sebelumnya di ITB.. (setau saya).. ah, saya merasa sangaaatt lega dan bahagia.. kalau saya boleh jujur lagi, inilah puncak kebahagiaan saya yang ketiga.
Prosesi arak-arakan bubar. Haus, capek, senang, laper, gerah. Hossshh…
Saya dan Gibran (partner ber Kahim in crime ! )

big thanks to dodi ! (kahim)

foto bareng presiden KM dan mentri hublu (tizar dan tito, anak IC semua :D)
Saya menungguu dijemput orangtua untuk foto bersama, di ATM BNI. Dan saat itu saya beruntung untuk bisa bertemu lagi dengan teman-teman kabinet,, saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan mereka mengatur rangkaian wisuda.. saya berfoto dengan mereka..
Setelah dijemput , saya langsung ke tempat studio foto.. foto keluarga..
Ah, mama papa icha… kelulusan ini untuk kalian.. kalian adalah energy bagi saya..
Terima kasih untuk doa yang selalu tercurah, motivasi yang selalu terucap, dan dukungan yang selalu ada..
Kalian adalah anugerah terindah.. kemudian IC,
dan ITB..



EPILOG ~
By the way, inilah ucapan dan hadiah yang saya terima ketika wisuda.. ohh Fyi, saya adalah wisudawati penerima bunga terbanyak se-Nymphaea saat itu lhoo.. aihh senangnyaaa :")

- Intan (mikro 07) : Selamat S.Si, FYI Corporation Yosi Ayu Aulia. Sukses di kehidupan selanjutnya dan cepat menikah.
- Mikro 07 : Kepada YOSAY semoga sukses
- Venes (mikro 07) : 29-10-11 dear Yosi Ayu Aulia S.Si. Hay S****.. Selamat ya sayang, semoga sukses untuk apapun itu rencana kamu di depan
-Kelompok 3 Mikrobiologi Analitik : Asisten Mikan paling sabar sedunia.. selamat ya ka yosay..
-Rinda dan Via (Bio 08) : SElamat Wisuda Yosi Ayu Aulia S.Si.. si tukang cubit . dari adik-adik terunyu, Rinda dan Via
-Amel (mikro08) : Selamat Teh Yosay, S.Si. selamat wisuda teteh, semoga sukses terus/ kerja barokah, s2 lancar, cepet nikah. amiin. salam erasmus mundus.
Rahma (mikro07) : Dear yosay, happy graduation. Say, aku ga mau kasih bunga. Aku mau ngasih sesuatu yang lebih bertahan lama. Mungkin lebih lama dari kamu ketemu aku. Selalu rendah hati dan semangat ya ! with love, rahma



- daann lain-lain... dari teman protokol, KMPA, dan masih banyak lagi...



ini fotonyaa



hadiah wisuda dari temen2.. :")




Mereka adalah pelangi dalam kehidupan saya, sejak di Ganesha 10 hingga seterusnya. Ucapan, doa, dan harapan mereka membuktikan – sekali lagi – kepada saya, bahwa saya tidak pernah sendiri. Selalu ada sahabat yang setia mendampingi dan ikut merasakan kebahagiaan dan kesedihan saya. Ingat postingan saya, (nasihat sahabat). Mereka pun setia menemani saya dan menjaga agar saya tetap teguh untuk selalu berada di jalan-Nya.


Daaann inilah sahabat saya yang sebenarnya : KELUARGA SAYA….
papa, me, mama (acara syukwis SITH)


Mama yg penuh kekhawatiran yg biasanya dituangkan dlm doa atau keparnoan (hahah.. sori bu!), sering beradu pendapat dg saya tapi demokratis dan selalu luluh sm hajat anak-anaknya.
Papa yg super bijak dan bersahabat ! imam dan pengayom yg luar biasa. Meskipun super narsis 2012, papa adalah pekerja keras dan selalu punya cara untuk melayani keluarganya dg maksimal.
Icha adik gendut yg sudah beranjak remaja. Hiks.. sedih, pengennya dia kecil terus aja, lucu sih. Selalu punya cerita yg penuh canda dan keceriaan. Dia adalah ajang latihan saya dlm mendidik anak. Ahahahha. Dan, dia punya kemampuan menulis yg sangat baik. Keren !

Keluarga yg selalu mendukung, member nafas optimisme, memberi alternative jalan keluar, MENDOAKAN..
Mereka adalah sepasang bidadari untuk saya, yang selalu siap membawa saya terbang tinggi..
Mereka adalah alasan utama saya dlm setiap pengambilan keputusan..

Maka ketika ditanya, apa arti momen wisuda untuk saya ?
1. Ketika saya bisa memberikan hadiah untuk keluarga saya
2. ketika saya tau, arti saya di mata teman-teman saya 


Dan, kalo inget kemeriahan dan euforia wisuda ITB dan arak-arakannya... Ahh...Rasanya mau wisuda lagi deh.. percaya deh, wisuda ITB selalu punya banyak cerita. Selalu.

Regards,
Yosay

5 comments:

  1. wow..wilujeng wisudawati :D
    saya lagi kemana ya waktu itu?
    hmmm... *thinking

    ReplyDelete
  2. selamat....semoga dapat menjadikan bangsa Indonesia lebih baik.... banzai :)

    ReplyDelete
  3. @ghani : hatur nuhun... :D lg kemana hayoo.. ga ke sabuga ya ?

    @eko : amiinn.. makasih ya..

    ReplyDelete
  4. ah gak ada foto sama aku..belum sah sarjananya ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ada ucapan dari kamu,, ness ! hhehhe

      Delete