Monday 17 January 2011

banjir lahar dingin

Warta berita nasional akhir-akhir ini cukup berwarna. Ya, selain kasus Gayus sang mafia hukum, ada berita bencana nasional lahar dingin di lereng Merapi, banjr bandang di Brazil, sampai kasus duet Anang-Syahrini. Karena saya sudah bosan dengan berita kebobrokan hukum Indonesia dan saya tidak berminat dengan kasus duet Anang, maka saya tertarik dengan kasus bencana.

Bencana lahar dingin dan banjir bandang di Brazil (saya kira banjir bandang cuma ada di Indonesia lhoo) merupakan sedikit dari "kemarahan Tuhan kepada manusia, melalui mahluk-Nya (air, hutan, tanah yang longsor, dan sebagainya)..

"Telah tampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan oleh tangan manusia.. (Ar Rum : 41)" begitu firman Allah. And it's done.

Hemm.... ketika saya melihat siaran tentang kedua kejadian tersebut, saya jadi berpikir bahwa Tuhan bisa saja mengubah lahan subur pertanian di lereng Merapi atau hutan lebat di Brazil menjadi porak poranda. Sebenarnya saya sangat tertegun ketika melihat kejadian banjir lahar dingin yang membuat kawasan sekita merapi jadi lautan pasir, seperti gurun. Lahan subur menjadi seperti gurun. Ketika berpikir demikian, tiba-tiba saya teringat bahwa salah satu tanda dekatnya hari akhir adalah negara subur yang menjadi gurun dan negara gurun yang menjadi subur. Saya melihat kenyataan bahwa negara Timur Tengah saat ini mulai menekspor berbagai macam buah-buahan khas negerinya. Sedangkan Indonesia (ambil saja Indonesia sebagia sampel negara tropis nan subur) mulai mengalami penurunan kualitas pertanian. Logika saya saat itu, "ya orang timur tengah sekarang punya teknologi yg maju, jadi wajar. kalo negara tropis jadi gurun, gimana caranya ya ? ga masuk logika saya"..

oohh tapi sekarang Tuhan menjawab pertanyaan saya beberapa tahun silam. Masuk akal juga ya, negara tropis umumnya memiliki gunung berapi yang cukup aktif dan bisa meletus kapanpun sehingga mengeluarkan kandungan mineralnya dalam jumlah tak terbatas. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kawasan pertanian dan perkebunan di Lereng merapi yang subur menjadi seperti gurun. Saya tahu, akan ada saatnya kawasan itu menjadi subur kembali karena materi vulkanik dari gunung berapi; tapi saya belum tahu waktu pastinya.

Tulisan ini hanya bertujuan untuk menyampaikan bahwa ternyata fakta negara subur menjadi gurun dan negara gurun menjadi subur itu ada lhoo..... Lagi lagi, Tuhan menjawab pertanyaan saya dengan sangat logis (menurut logika manusia), meskipun saya baru menyadari bertahun kemudian.

Saya jadi merinding sih bila menyadari fakta ini, artinya hari akhir tuh emang udah deket ya ?

Astaghfirullahaladzim...

marilah tingkatkan muhasabah diri..

2 comments:

  1. intinya,, hari akhir itu g akan menjauh dari kita, tapi terus mendekat,, ya, yang bisa kita lakukan cuma persiapkan diri aja,,, yuk sama2, siapin diri... :)

    ReplyDelete
  2. betul betul betul, hal yang paling dekat adalah kematian (dan hari akhir).. oke, saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabran yah mbak risty..

    :)

    ReplyDelete