Thursday 29 January 2009

pasangan yang bikin iri.

Petang 29 Januari 2009. Ruang tunggu Rumah Sakit GLOBAL MEDIKA Tangerang.
Aku sedang menunggu mbak ku untuk mengantarkan uang pembayaran terapi di lobi kasir. Sambil melihat-lihat seantero rumah sakit, aku mengirim sms agar mbak segera datang ke rumah sakit karena aku belum melaksanakan shlat maghrib. Saat aku melemparkan pandangan ke arah jam 5 dari tempat aku duduk, mataku menangkap adegan yang sungguh membuatku iri, sekaligus kagum dan penasaran. Ada apa? Aku melihat sepasang suami istri, yang tak lagi muda karena sang suami telah beruban dan wajah sang istri telah menua.mungkin usianya hampir menginjak 60 an. tapi bukan itu yang membuatku sempat terpaku beberapa saat. Yang special adalah, adegan yang mereka lakukan : mereka bergandengan tangan (denagn posisi tangan menyilang, sehingga lebih rapat) dan sang suami membawakan payung dan tas istrinya sambil bercakap-cakap dengan istrinya dengan gesture tubuh yang hangat : mesra. Mereka terus berjalan ke arah pintu keluar hingga akhirnya hilang dari pandanganku.
cukup. itu saja. dan adegan yang baru saja terjadi di depanku bebearapa detik yang lalu, cukup membuat pikirku melayang2..
..Betapa mesranya mereka?
.. apa tips nya agar selalu mesra...??
..bahkan di usia yang tak lagi muda.. aku yakin, mereka bukan pengantin baru..
..betapa sang suami sangat memuliakan istrinya..
..apa yang telah dilakukan sang istri hingga sang suami begitu memuliakannya..??
aku ingin belajar.
Aku memang masih muda. sangat muda menurutku,, untuk belajar dan mengetahui hal2 seperti ini. Tetapi Tuhan menganugerahkan aku kehidupan yang complicated (well, walaupun tidak terjadi pada mama-papa-adik ku.. tapi aku punya family circle yang lain). And I've been learning dozens about life, family, and even love.. *heheh* from people's experience.. dan aku melihat banyak pasangan2 yang hanya mesra di awal hubungan, dan berahir dengan pertengakaran yang menyakitkan.miris.atau hubngan mereka tidak harmonis, diwarnai oleh "perang dingin", dan tidak lagi hangat. heu. yang manapun keadaannya,, sesuatu yang tidak manis tentu tidak nyaman..
Kemudian,, pikiranku melayang lagi,teringat pada suatu kalimat yang pernah aku baca di majalah keluarga..
.." kemesaraan bukanlah milik pengantin baru. Ia milik semua pasangan..."
.." Kemesaraan tidak bergantung pada lamanya suatu hubungan (pernikahan), tetapi bergantung pada sikap saling menghargai pasangan masing-masing..."
Well... Mom, dad.. I know whats ur secret..!! Appreciate, cherish , and value each others..!! about everything. habit, bad habit, hobbies, career, like and dislike, everything.. yeah.. everything. Dan satu lagi poin yang gampang diucap tapi suliittt bgd dipraktekan : mensyukuri pasangan yang kita punya, dan menerima dia apa adanya..
woow.. seems easy.but,,it will be very bothering and annoying when you know their bad habits everytime!
Ya.. mungkin di sisi itu,, aku.. kamu.. dia.. mereka.. kalian.. dan banyak pasangan lain.. harus belajar dari adegan di petang hari di rumah sakit itu. bahwa kemesraan timbul dari sikap saling menghargai,, mengerti,, dan menerima pasangan kita apa adanya. seutuhnya.
hm..
akhirnya mbak ku tiba. dan aku segera membayar tagihan rumah sakit. lalu pulang..

No comments:

Post a Comment