Sunday 7 October 2012

Gent : fun fact

Assalamualaikum! :)

Daar all..

Hoe gaat het ?

Ik ben 3 weeken in Gent.

Selama tiga minggu di sini, saya menangkap beberapa fakta menarik tentang kehidupan di Gent yang terangkum dalam tulisan ini.

  1. Melambaikan tangan adalah cara yang digunakan untuk menghentikan bus atau tram. Persis di Indonesia. Jadi, meskipun kamu menunggu bus yang benar di halte yang tepat, bus tersebut tidak akan berhenti kalau kamu tidak melambaikan tangan (dan tidak ada penumpang bus yang turun di halte tersebut). Lucu ya, persis di Indonesia. Bedanya, di sini jadwal bus teratur, pemberhentian selalu di halte (bukan di sembarang tempat). tidak ada ngetem, dan pembayaran dilakukan di awal ketika pertama kali masuk. Dijamin nggak ada macet gara2 bus. Mungkin Pak Jokowi bisa mencontoh ini :)
  2. Shalat dengan iringan lonceng gereja adalah hal lucu yang pertama kali saya rasakan di sini. Yap, kaum muslim minoritas di Gent. Selain karena itu, housing saya dekat dengan gereja yang setiap hari mendentangkan lonceng. Lucu aja, kalau biasanya saya shalat diiringi murattal dari menara masjid, saat ini saya shalat diiringi dentang lonceng gereja. Kalau melihat lebih dalam lagi, saya merasakan betul pentingnya toleransi dan kehadiran Dia dalam diri.
  3. Kentang goreng atau Friets (sebutan kentang goreng di Belgia) lebih enak daripada belgian waffle. Hahaha. Well, ini murni selera saya yang memang penggemar friets. Ah salah banget deh, friets is my guilty pleasure. Meskipun mengandung banyak lemak jahat dan pengawet, tapi enaaaaaakk... Potongannya lebih besar dan selalu disajikan dengan mayonaise atau saus wine mayonaise.
  4. Beer, waffle, coklat, dan friets adalah makanan khas belgia. Dan, cured ham. Well, yang bisa saya coba cuma waffle, coklat, dan friets. Enak. Sekian.
  5. Alsjeblift artinya silakan. Selalu diucapkan ketika membayar makanan, menyerahkan sesuatu, menerima kembalian, dan lain-lain. sopan.
  6. Gent is made for Bicycle. Nice !! Kalo di Bandung saya selalu mengendarai motor, disini saya mengendarai sepeda. Sehat, aman, nyaman. Hal yang menyenangkan adalah pengendara kendaraan bermotor sangat toleransi terhadap kami, pengendara sepeda (dan pejalan kaki). Mereka akan menunggu kami saat melewati persimpangan atau menyebrangi jalan. Hal tersebut juga membuat kami turut menghormati mereka, sehingga kami akan mengucapkan terima kasih dengan melambaikan tangan dan mengayuh sepeda dengan segera. Kalau semua saling menghormati dan bertoleransi ternyata nyaman kan..
  7. Goedemorgen, goedemiddag, goeddenavond adalah salam yang selalu diucapkan ketika saling bertemu.
  8. Belgia penghasil coklat ? Nope ! Belgia adalah pengolah coklat yang dihasilkan oleh Ghana dan Indonesia. Pohon coklat butuh iklim tropis untuk pertumbuhannya. See ? Yuk pelajari teknologinya (ngomong sama diri sendiri). Mohon doanya ya kawan-kawan.. :)
  9. Instead of copy centre, you will find club and beer shop around my housing residence. Anak muda di sini doyan banget party dan minum beer. Kalo udh weekend,, kaleng dan botol beer berserakan dimana-mana.. Anak muda Indonesia jangan begitu yaa..supaya negara kita bisa maju.. :)
  10. apotek lebih mudah ditemukan daripada ATM. lucu!
  11. biaya kesehatan di sini sangat mahal. Untuk visit dokter umum saja dibutuhkan 20 Euro yang setara dengan 240ribu rupiah. Makaa..jagalah kesehatan ketika di sini..
  12. Perempuan perkasa dengan pekerjaan supir tram atau bus, pengendara boat, mengangkat beban berat di pertokoan akan banyak ditemukan di sini.
  13. Mandiri adalah karakter khas mereka (khas orang eropa). Segala sesuatu dikerjakan sendiri dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan.
Segitu dulu yaa :) Ada banyak pelajaran yang ingin dibagi juga.. Sekarang sudah beranjak malam.. waktunya tidur malam..

Goedenacht :)

Regards,

@yosay_aulia

2 comments:

  1. gw selalu iri deh baca cerita orang yg ngalamin hidup di luar negeri.. :)

    goodluck yaa dengan food science nyaa say :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini neess.... kita saling mendoakan ya sayang. goodluck juga buat kamu :) btw, I'm sure you will be in abroad for a long time, someday.

      Delete